Minggu, 11 September 2011

Sepeda Motor


Sebuah sepeda motor adalah kendaraan bermotor roda dua bermesin tunggal.
Typenya dan desainnya bervariasi tergantung pada tujuan desain yang dirancang, seperti buat sport balap, touring,maupun off-road dlsb.
Motor pertama diciptakan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Jerman, pada tahun 1885. Ini sepeda motor berbahan bakar minyak bumi pertama dinamai Reitwagen Petroleum. 
Sepeda motor sekarang biasanya terbuat dari garpu teleskopik, baja, aluminium frame yang memegang roda depan dan rem cakram.  
Mesin listrik biasanya terdiri dari empat silinder dan, kurang umum, hingga delapan silinder, ditambah dengan lima panduan atau enam kecepatan transmisi sekuensial, yang menggerakkan lengan ayun roda belakang dipasang oleh driveshaft, rantai atau sabuk.
Anda dapat melihat meteran kecepatan di tengah kemudi dan lampu utama di depan sepeda motor. Mesin tetap antara kedua roda dan di bawah kursi pengemudi. Peredam/shockbreaker biasanya tetap pada sisi kanan. 
Ada tiga jenis sepeda motor, jalan ganda, dan off-road tujuan. Dual-tujuan sepeda yang dibuat untuk dikendarai dan nyaman di jalan juga.  
Sepeda motor jenis Street sport dan skuter. Off-road sepeda motor yang digunakan di motor-lintas dan berorientasi kelas balap.Sepeda Motor adalah salah satu kendaraan yang paling terjangkau untuk transportasi di seluruh dunia. Ada sekitar 2-100000000 sepeda motor di seluruh dunia, dan kebanyakan digunakan di Asia dan Amerika Serikat.  
Pemilik mobil sekarang banyak yag beralih menggunakan sepeda motor , karena motor mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar dibandingkan dengan mobil.  
Sepeda motor biasanya terdiri dari dua-tempat duduk,  dengan satu pengemudi dan satu orang duduk di belakang sopir. Honda, Yamaha, Kawasaki dan Bajaj adalah beberapa perusahaan yang paling terkenal. Sepeda Motor tersedia dalam kekuatan yang berbeda, 70cc ke 250cc. 125cc dengan sepeda motor 250cc dianggap sebagai cc besar, yang biasanya menggunakan dua shock breaker/peredam, sementara yang lain ada yang hanya memiliki satu.
Konsumsi bahan bakar motor bervariasi dalam model yang berbeda. Kekuatan mesin yang digunakan pada sepeda motor juga tergantung pada kapasitas mesin .
Di negara berkembang, 100cc untuk motor 200cc menunjukkan ekonomi bahan bakar yang baik. Sebuah perusahaan India, Bajaj, menawarkan ekonomi bahan bakar model unggul, XCD125, yang mengkonsumsi satu liter bensin untuk 100 km.
Sekarang banyak  perusahaan yg memperkenalkan motor listrik, yang hampir  nol emisi,
Namun, teknologi ini sedang dalam pembangunan, karena sepeda motor listrik memiliki jarak tempuh kurang dan memerlukan biaya tinggi pada baterai. 
Satu hal yang harus diwaspadai dalam  bermotor adalah tingkat pencegahan keselamatan saat mengendarai sepeda motor, karena memiliki tingkat tinggi kecelakaan, dibandingkan dengan mobil.  
Analisis Sistem Pelaporan Fatality menunjukkan bahwa sepeda motor terlibat dalam kecelakaan yang berbahaya empat kali lebih sering daripada mobil dan kendaraan berat lainnya.
Pelatihan yang tepat harus diperoleh sebelum mengendarai sepeda motor apapun. Setiap negara harus membuat kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang kecelakaan sepeda motor. 
Di Afrika Selatan Kampanye safety bermotor roda dua telah meningkatkan  keselamatan sepeda motor dan kesadaran penanganan sepeda motor di jalan, bagaimana dengan indonesia? 
berapa banyak korban kecelakaan bermotor ketika arus mudik?
mari berkendara dengan aman dan saling mengahargai sesama.
 
EzineArticles.com/5434595 updated.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your comment: