Sabtu, 03 September 2011

Ban pecah dan Perawatan Mobil kijang .


Pembaca yang terhormat, ini hanya sekedar sharing  yang saya alami ketika pulang mudik lebaran Idul Fithri 1432 H. baru aja kemaren..
Memang ini bukan kisah motor binter merzy/BM  tapi kisah nya perawatan  mobil kijang minibus 1993,tapi di belakang mobil saya  tempel sticker wing Binter Merzy he .. he..,sebagai owner fanatik.
tapi ga ada salahnya saya berbagi kepada sesama semoga tidak 
mengalami hal serupa yang saya alami..

Dalam perjalanan dari Bandung ke Jakarta lewat tol cipularang hanya berjarak 2 km dari pintu keluar gerbang tol  Cipularang saya mengalami pecah ban ! persisnya kanan belakang.

Semula saya menyangka mobil orang lain suara ban nya begitu gemuruh, tapi tidak juga...
mungkin jalannya  renjul sampai terasa betaran mobil berbeda, wuih ..ternyata benar2 mobil saya sendiri yang bermasalah, 
saya berusaha tetap tenang dan mengarahkan mobil ketepi  jalan meskipun mobil  lain dari arah belakang yang sedang meluncur kencang membunyikan klakson warning,
tapi saya juga dalam keadaan emergency meskipun harus rusak velg sekalipun, 
sampai ketepi jalan dan melihat ban belakang kanan sangat rusak dan bersyukur pula velgnya tidak mengalami kerusakan.  
Alhamdulillah selamat, terima kasih ya allooh.. padahal saat itu full passangger
keluarga komplit. 

Persiapan pulang mudik lebaran 1432 H. bukan tanpa persiapan banyak sekali perbaikan yang saya lakukan pada kijang minibus 1993,mulai dari perbaikan ring seher mesin dikarenakan busi yang selalu basah pada threadnya menyebabkan salah satu busi sering mati dan berakibat mesin jadi pincang seperti mesin mobil VW dan power terasa sekali berkurangnya apabila ini terjadi.
Perbaikan ke dua adalah pengisian freon air condition serta penggantian belt untuk AC dan  mesin, pengisian freon ini normalnya adalah 6 bulan maksimal setahun untuk memaintain AC agar tetap dingin sayang sekali kalo tahun kemaren saya sudah habis banyak perwatan uintuk mengaktifkan kembali dengan normal AC pada mobil saya yang semakin parah apabila hujuan turun. 
Kemudian perwaratan ketiga adalah penggantian mufler knal pot karena kondensasi air pada knal pot menyebakan mufler cepat berkarat dan bocor ,itupun sudah diakali dengan melakukan perbaikan sementara dengan melakukan penambalan pada area yang bocor dengan allumunium tape yang cukup tebal dan menutupi lubang yang bolong sebelumnya dengan lem plastik/ plastik steel yang banyak dijual dipasaran,
Hasilnya lumayan bisa delay waktu setahun sampai pada ahirnya kondisinya semakin bertambah parah sehinga tidak layak lagi dan perlu diganti dengan yang baru.

Masalah Berikut ke 4 ya,muncul idle /langsam mesin tidak bagus /tidak rata sehingga perlu service karburator, selesai service bagus langsam normal, akan tetapi  sehari kemudian langsam kembali bermasalah malah lebih parah tidak dapat idle sama sekali atas saran montir diganti switch idle carburator, setelah diganti sempat bagus tapi tidak lama kemudian kembali bermasalah tidak dapat idle,sampai pada ahirnya saya kembali ke tukang service karbu dan setelah dibersihkan kembali normal idle power mesin bagus sekarang baru gak stress..
Masalah lain ke 5 ,muncul lagi mobil susah start malah aki seperti  tidak dapat menyimpan stroom meskipun sebelumnya sempat beberapa kali dicharge tapi hasilnya tetap tidak bagus power dari aki tidak kuat meskipun habis dipake jalan beberapa jam,karena riwayat aki ini juga kurang jelas saya membeli dari salah seorang montir yang mengaku baru beberapa bulan dipake atas dasar kepercyaan saya beli dengan harga 200 ribu rupiah dengan harapan lebih ngirit tapi malah sebaliknya.,makanya lain kali jangan percaya begitu saja..
Dengan sangat terpaksa saya harus beli aki yang baru agar yakin kondisi lebih fit baik untuk starting engine ,untuk operational lighting maupun audio dan performance mobil pada umumnya.
 Sekarang ada solusi jitu untuk mengatasi masalah aki pabila aki anda susah start, asalkan aki anda aki basah dan cellnya belum rontok coba pake Resto AR 20 sebelum beli aki baru, teman saya telah mencoba dan berhasil cek dur ! mayan bisa ngirit minimal setahun lagi.

Satu hari sebelum lebaran muncul lagi masalah ke 6 yaitu dari pintu kanan susah ditutup sama sekali setelah saya periksa ternyata engsel pintu bawah sudah tidak nempel lagi pada dinding pintu,artinya pelat sudah lepas karena broken,sebetulnya saya sudah tahu bermasalah tapi karena tidak segera di perbaiki, delay delay sampai ahirnya kerusakan jadi lebih parah dan pada waktu yang sangat kritis..
Dan perlu dilakukan pengelasan kembali agar dudukan engsel pintu terpasang dengan proper pada dididingnya, perbaikan ini dilakukan pada saat waktu yang sangat tidak tepat/darurat  karena hampir semua bengkel sudah libur semua saya masih beruntung karena bengkel kenalan masih mau bersedia untuk menjemput montir yang rumah nya lumayan jauh dan masih mau melakukan pekerajaan ,selesai pintu kanan sekarang sudah bagus tanpa tenaga daun pintu ditutup sudah langsung tertutup rapat dengan benar ,jleg!  mantap eh lebarannya di undur sehari...he he... 

Berangkatlah kami pada hari raya sore harinya kemudian terjadilah apa yang diceritakan diatas.
Sebenarnya juga bukannya saya tidak care dengan kondisi ban yang sudah kurang bagus, tapi karena banyaknya perbaikan yang sudah dilakukan sehingga urusan ban tidak diutamakan padahal ban adalah komponen utama dan memegang tingkat safety yang sangat tinggi ,
kesimpulannya adalah yakinkan kondisi ban kendaraan anda benar2 safe, jangan lupa ban juga punya life time meskipun visual tampak luar bagus tapi seiring berjalannya waktu elastisitas ban dapat mengalami penurunan kualitas, 
ketahui perawatan ban kendaraan anda.

salam.
     
http://adf.ly/BY2 #end

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your comment: