UCEO
Assalamu'alaikum wr.wb
Ringkasasan pembelajaran
Strategy pemasaran.
Strategy pemasaran.
Minggu Ke-1 : 3-C analysis.
- Customers needs,
- Company
- Competitors
Dalam sebuah usaha diperlukan strategy pemasaran / marketing strategy.
Didalam strategy pemasaran kita harus membedakan antara , strategy pemasaran dengan strategy management pemasaran. Karena pengertian strategy dalam bahasa yunani yaitu STRATEGOSartinya general, jadi sebuah keputusan yang sifatnya menyeluruh dan berorientasi ke masa depan.
Didalam strategy pemasaran kita harus membedakan antara , strategy pemasaran dengan strategy management pemasaran. Karena pengertian strategy dalam bahasa yunani yaitu STRATEGOSartinya general, jadi sebuah keputusan yang sifatnya menyeluruh dan berorientasi ke masa depan.
Dalam strategi pemasaran kita akan lebih bayak bicara tentang pelanggan dan juga apa yang kita tawarkan kepada pelanggan. Dlm hal ini kita perlu mengerti dan memahami tentang apa saja yg dibutuhkan Dan dicari oleh pelanggan kita.
C-1 Customers Needs analysis.
Untuk kita, bisa mengetahui apa yg dibutuhkan , dirasakan kan oleh pelanggan, ada teknik yang disebut , "EMPATHY MAP" / Peta empathy :
- Pertama- tama kita harus mengidentifikasi siapa pasar kita .
- Kedua , kita harus benar" memahami apa kebutuhan pelanggan kita.
- Ketiga, kita harus bisa menyampaikan apa yg ingin kita sampaikan Dan berikan kepada pelanggan kita.
- Keempat , kita harus bisa menyampaikan bahwa ada benefit yg bisa dirasakan oleh pelanggan.
Misalnya benefit :
- Secara emotional,
- physical / fisik ,
- Dan yg terpenting adalah Benefit secara Spiritual .
Yg bisa dirasakan oleh customers / pelanggan.
Keempat hal inilah yg bisa membentuk strategy untuk memahami kebutuhan customers kita dengan baik.
- Pertama- tama kita harus mengidentifikasi siapa pasar kita .
- Kedua , kita harus benar" memahami apa kebutuhan pelanggan kita.
- Ketiga, kita harus bisa menyampaikan apa yg ingin kita sampaikan Dan berikan kepada pelanggan kita.
- Keempat , kita harus bisa menyampaikan bahwa ada benefit yg bisa dirasakan oleh pelanggan.
Misalnya benefit :
- Secara emotional,
- physical / fisik ,
- Dan yg terpenting adalah Benefit secara Spiritual .
Yg bisa dirasakan oleh customers / pelanggan.
Keempat hal inilah yg bisa membentuk strategy untuk memahami kebutuhan customers kita dengan baik.
C-2 : COMPANY analysis
Company atau perusahaan sangat penting diperhatikan dlm hal marketing. Karena marketing bukan hanya menjual product / jasa , tetapi juga harus melihat bagaimana perusahaan kita bisa secara strategik memenangkan pesaing maupun memperoleh margin yg cukup baik sehingga bisa memperoleh laba yg significant.
Sangat penting adalah dlm masalah management pengelolaan .
Kalau management pengelolaan dilakukan secara efektif dan efesien maka hasilnya akan baik. Kita bisa Mengunakan teori dari "Michael Porter" Yaitu tentang "Value Chain" atau rantai nilai.
Sangat penting adalah dlm masalah management pengelolaan .
Kalau management pengelolaan dilakukan secara efektif dan efesien maka hasilnya akan baik. Kita bisa Mengunakan teori dari "Michael Porter" Yaitu tentang "Value Chain" atau rantai nilai.
Ada 5 aktifitas utama dan, 4 aktifitas pendukung yg perlu kita perhatikan dlm management pengelolaan.
Aktifitas utama yaitu :
1. Logistik kedalam.
- Artinya , kemampuan kita untuk melakukan pembelian barang yg akan kita jual.
2. Operational.
- Usaha kita itu dilakukan seperti apa.
3. Logistik keluar.
- Bagaimana kita mendistribusikan barang itu hingga sampai kepada pelanggan.
4. Marketing dan penjualan.
-Memang di sini bukan lagi bersifat strategi marketing tapi lebih pada manajemen pemasaran dan penjualan.
5. Pelayanan .
- Service atau kegiatan pelayanan.
1. Logistik kedalam.
- Artinya , kemampuan kita untuk melakukan pembelian barang yg akan kita jual.
2. Operational.
- Usaha kita itu dilakukan seperti apa.
3. Logistik keluar.
- Bagaimana kita mendistribusikan barang itu hingga sampai kepada pelanggan.
4. Marketing dan penjualan.
-Memang di sini bukan lagi bersifat strategi marketing tapi lebih pada manajemen pemasaran dan penjualan.
5. Pelayanan .
- Service atau kegiatan pelayanan.
Aktifitas Pendukung :
1. Infrastructure usaha kita.
- Perhatikan, apakah infrastructure yg kita gunakan itu mendukung usaha kita atau tidak.
2. Manusianya .
- Yg baik yg memiliki kompetensi, dedikasi dan mampu bekerja secara optimal.
3. Pengembangan Technology.
- Supaya lebih efektif dan efusien dlm pengembangan usaha kita.
4. Procurement.
- Yaitu, kemampuan kita dalam pengadaan / pembelian.
1. Infrastructure usaha kita.
- Perhatikan, apakah infrastructure yg kita gunakan itu mendukung usaha kita atau tidak.
2. Manusianya .
- Yg baik yg memiliki kompetensi, dedikasi dan mampu bekerja secara optimal.
3. Pengembangan Technology.
- Supaya lebih efektif dan efusien dlm pengembangan usaha kita.
4. Procurement.
- Yaitu, kemampuan kita dalam pengadaan / pembelian.
C-3 Competitors Analysis
Diawal pembuatan usaha yg paling penting adalah kita harus menentukan usaha seperti apa yg kita inginkan dimasa yg akan datang. Mestinya inginkan usaha yg hebat , maju dan tentunya menginginkan untuk menjadi yg No 1.
Apa saja yg kita perlukan untuk menjadi yg terbaik atau bisa unggul dalam persaingan ? menurut Strategi Management "Michael Porter " ada 5 hal yg perlu diperhatikan dimana teori dari porter disebut " Five Forces Of Poter " yaitu :
1. Ancaman pendatang baru.
2. Kemampuan menawar terhadap supplier .
3. Posisi tawar kepada pembeli.
4. Pesaing-pesaing yg sudah ada dalam industri.
5. Apakah barang/ jasa yg kita produksi ini suatu saat akan ada penggantinya.
Untuk itu tentunya kita harus bisa bersaing dengan competitors.
Strategi dalam bersaing dengan kompetitor, adalah dengan cara membuat hal yg berbeda . Misalnya dari segi product, pemasaran, pelayanan , harga dan juga dalam segi keunikan.
1. Ancaman pendatang baru.
2. Kemampuan menawar terhadap supplier .
3. Posisi tawar kepada pembeli.
4. Pesaing-pesaing yg sudah ada dalam industri.
5. Apakah barang/ jasa yg kita produksi ini suatu saat akan ada penggantinya.
Untuk itu tentunya kita harus bisa bersaing dengan competitors.
Strategi dalam bersaing dengan kompetitor, adalah dengan cara membuat hal yg berbeda . Misalnya dari segi product, pemasaran, pelayanan , harga dan juga dalam segi keunikan.
Perlu diketahui bahwa ada jenis- jenis perusahaan dan itu terbagi menjadi 4 macam yaitu :
1. Pemimpin pasar >> adalah mereka yg menguasai pangsa pasar besar.
2. Penantang >> mereka yg selalu berusaha ingin mengalahkan supaya dia meenjadi no 1.
3. Pengikut >> mereka tidak mau jadi penantang.
4. Perusahaan yg bermain dipasar ceruk atau niche market >> mereka tidak melawan sang juara. Mereka juga tidak mau sekedar jadi pengikut akan tetapi mereka hanya bermain dipasar-pasar yg sangat kecil yg tidak diperebutkan oleh yg lain.
1. Pemimpin pasar >> adalah mereka yg menguasai pangsa pasar besar.
2. Penantang >> mereka yg selalu berusaha ingin mengalahkan supaya dia meenjadi no 1.
3. Pengikut >> mereka tidak mau jadi penantang.
4. Perusahaan yg bermain dipasar ceruk atau niche market >> mereka tidak melawan sang juara. Mereka juga tidak mau sekedar jadi pengikut akan tetapi mereka hanya bermain dipasar-pasar yg sangat kecil yg tidak diperebutkan oleh yg lain.
# FAB :
Untuk mengimplementasikan product dengan 3C dlm memasarkan product .
Ada 3 cara untuk memasarkanya yaitu : FAB (features, advantage dan benefit ).
1. Features >> artinya Karakteristik , spesifikasi dari product atau jasa yg kita jual.
2. Advantage / keunggulan >> artinya Apa keunggulan product / jasa yg akan kita jual dibandingkan dengan product / kopetitor.
3. Benafit / manfaat >> artinya Manfaat apa yg dirasakan oleh pelanggan.
Untuk mengimplementasikan product dengan 3C dlm memasarkan product .
Ada 3 cara untuk memasarkanya yaitu : FAB (features, advantage dan benefit ).
1. Features >> artinya Karakteristik , spesifikasi dari product atau jasa yg kita jual.
2. Advantage / keunggulan >> artinya Apa keunggulan product / jasa yg akan kita jual dibandingkan dengan product / kopetitor.
3. Benafit / manfaat >> artinya Manfaat apa yg dirasakan oleh pelanggan.
Minggu Ke-2 :
ANALISIS SWOT
(Strenght, Weaknesses, Opportunity, Threats)
Setelah saya mempelajari analisis SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunity, Threats) yaitu analisa yang menggambarkan mengenaiStrenght/Kekuatan yang merupakan lingkungan internal perusahaan dikaji berdasarkan pesaing dengan segmentasi dan usaha atau bisnis sejenis, serta analisa kelemahan internal dari usaha yang dijalankan atau dimiliki.
Dengan analisis kekuatan dan Weaknesses/Kelemahan kita bisa mengetahui strategi apa yang harus dilakukan agar usaha atau bisnis berjalan dengan baik. Kekuatan yang dimiliki itu menjadi potensi memajukan perusahaan harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan, sebaliknya kelemahan yang dimiliki perusahaan sebaiknya dikurangi atau dicari solusinya sehinga semakin sedikit kelamahan maka akan meningkatkan keberhasilan suatu bisnis.
Dalam analisa SWOT terdapat juga Opportunity/Peluang danThreats/Ancaman yang merupakan konsep dasar analisis yang mengkaji lingkungan eksternal perusahaan. Dalam menganalisa peluang dan ancaman bisa dengan metode PESTEL analisys yaitu:
- Political
- Environmental
- Social
- Technological
- Economic
- Legal
Dari keenam kategori tersebut apabila memudahkan suatu usaha atau bisnis maka akan menjadi peluang akan tetapi apabila menyulitkan suatu usaha atau bisnis maka akan menjadi ancaman atau tantangan.
Demikian refleksi minggu 2 yang bisa saya gambarkan dengan belajar di UCEO jadi bisa mengetahui apa yang harus dilakukan dalam menyukseskan tujuan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
your comment: